Social Accountability SA8000

SA8000Misi SA8000 adalah untuk memperbaiki kondisi kerja secara global.  SA8000 adalah standar internasional berdasarkan prinsip-prinsip dari sebelas Konvensi Organisasi Buruh Internasional ( ILO ), Konvensi PBB tentang Hak Anak, dan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia.
Standar ini dapat diterapkan di negara berkembang maupun negara industri, baik oleh perusahaan kecil atau besa , serta oleh organisasi sektor publik .
Sistem verifikasi SA8000 bertujuan untuk mengkampanyekan perbaikan terus-menerus dari kondisi tempat kerja. Social Accountability International  mengimbau para pembeli untuk bekerja sama dengan pemasok mereka untuk menerapkan kebijakan akuntabilitas sosial yang dapat meningkatkan kondisi tempat kerja melalui bantuan teknis dan peningkatan kesadaran.

Bisnis yang menerapkan SA8000 mengakui bahwa kepatuhan atas standar ini akan meningkatkan citra merek dan reputasi perusahaan. Selain itu manfaat bisnis yang didapat adalah: meningkatkan hubungan dengan kontraktor dan pemasok;  dan karena kepercayaan konsumen, manajemen rantai pasokan yang lebih baik, dan jaminan bagi perusahaan dan investor dan pelanggan. Baik pelanggan grosir dan eceran akan dapat membuat keputusan pembelian yang lebih tepat. Dengan meningkatkan kondisi kerja, perusahaan berkontribusi terhadap lingkungan bisnis global yang lebih stabil.