Manajemen Keamanan Rantai Pasokan berdasarkan ISO 28000

rantai pasokInsiden keamanan terhadap rantai pasokan internasional adalah ancaman terhadap perdagangan internasional dan pertumbuhan ekonomi negara-negara perdagangan. Manusia, barang, infrastruktur dan peralatan, termasuk sarana transportasi, harus dilindungi terhadap insiden keamanan dan dampak buruknya. Perlindungan tersebut menguntungkan ekonomi dan masyarakat secara keseluruhan.
Rantai pasokan internasional sangat dinamis dan terdiri dari banyak entitas dan mitra bisnis. Standar ISO 28000 ini mengakui adanya kompleksitas tersebut. Standar ini telah dikembangkan untuk memungkinkan setiap organisasi  dalam rantai pasokan menerapkan persyaratan dalam kesesuaian dengan model bisnisnya dan peran serta fungsinya dalam rantai pasokan internasional.
Standar ini memberikan pilihan bagi organisasi untuk menetapkan dan mendokumentasikan tingkat keamanan dalam rantai pasokan internasional dan komponen mereka. Ini akan memungkinkan organisasi tersebut untuk membuat keputusan berdasarkan risiko yang lebih baik mengenai keamanan dalam rantai pasokan internasional.
Standar ini juga dimaksudkan untuk menjadi perhatian dan untuk melengkapi Kerangka Standar Organisasi Kepabeanan Dunia untuk mengamankan dan memfasilitasi perdagangan global .