Quality Management

QMS

ISO 9001 adalah suatu standar international untuk sistem manajemen kualitas. ISO 9001 menetapkan persyaratan-persyaratan dari suatu sistem manajemen kualitas, yang bertujuan untuk menjamin bahwa suatu organisasi akan memberikan produk (barang dan/atau jasa) yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan.

Persyaratan-persyaratan yang ditetapkan ini dapat merupakan kebutuhan spesifik dari pelanggan, di mana organisasi yang memproduksi itu bertanggung jawab untuk menjamin kualitas dari produk-produk tertentu, atau merupakan kebutuhan dari pasar tertentu sebagaimana ditentukan oleh organisasi tersebut.

Penerapan ISO-9001 berarti melakukan pengaturan berbagai aktifitas dalam organisasi dan menerapkannya. Perubahan-perubahan dalam berbagai aktifitas yang selama ini dilakukan organisasi mungkin diperlukan untuk memenuhi persyaratan ISO-9001.

Satu hal yang mutlak diperlukan untuk memungkinkan perubahan terjadi dengan lancar adalah pengembangan ’wawasan’ dan kompetensi setiap karyawan yang terlibat dengan perubahan tersebut.

Penerapan ISO-9001 juga membutuhkan tahapan-tahapan yang sistematis, yang dimulai dari tahapan perencanaan perubahan, pelaksanaan, pemantauan dan tindak lanjut. Pada umumnya organisasi dapat mencapai sertifikasi ISO-9001 dalam waktu sekitar 3-4 bulan. Variasi waktu tergantung dari ketersediaan sumber daya dalam organisasi, komitmen pihak manajemen, praktek manajemen mutu yang sudah diterapkan dan pengaturan program.