Risk Management

????????

Manajemen risiko merupakan bagian utama dari setiap manajemen strategis organisasi. Ini adalah proses dimana organisasi menggunakan suatu metoda untuk mengatasi risiko yang melekat pada kegiatan mereka, dengan tujuan mencapai manfaat berkelanjutan dalam setiap kegiatan dan seluruh portofolio dari semua kegiatan. Fokus manajemen risiko yang baik adalah identifikasi dan mengatasi risiko ini. Tujuannya adalah untuk menambahkan nilai maksimal yang berkelanjutan untuk semua kegiatan organisasi. Ini menyangkut pemahaman tentang potensi dan kelemahan dari semua faktor-faktor yang dapat  mempengaruhi organisasi. Hal ini meningkatkan probabilitas keberhasilan, dan mengurangi probabilitas kegagalan dan ketidakpastian pencapaian keseluruhan tujuan organisasi.

Manajemen risiko harus selalu kontinu dan proses pengembangan yang mencakup seluruh strategi dan organisasi pelaksanaan strategi tersebut. Itu harus membahas seluruh risiko seputar kegiatan masa lalu organisasi, saat ini dan khususnya, di masa depan.

Manajemen risiko harus terintegrasi ke dalam budaya organisasi dengan kebijakan yang efektif dan program yang dipimpin oleh manajer yang paling senior. Proses ini harus mampu menerjemahkan strategi menjadi tujuan taktis dan operasional, menetapkan tanggung jawab seluruh organisasi dengan masing-masing manajer dan karyawan yang bertanggung jawab atas manajemen risiko sebagai bagian dari uraian pekerjaan mereka. Juga mendukung akuntabilitas, pengukuran kinerja dan penghargaan, sehingga meningkatkan efisiensi operasional pada semua tingkatan.